“PADA AKHIRNYA, KITA AKAN MENGHEMAT HANYA PADA APA YANG KITA CINTAI, KITA AKAN MENCINTAI HANYA PADA APA YANG KITA MENGERTI, DAN KITA AKAN MENGERTI HANYA PADA APA YANG DIAJARKAN.”

Selamat datang di jurnal pendidikan Kompas Peduli Hutan (KOMIU). Kami berharap kamu akan menikmati tentang materi-materi yang disiapkan pada jurnal ini, dan kamu akan menemukan hal-hal menarik dan sangat berguna. Tidak masalah jika kamu hanya tertarik pada ekologi dasar, sumber daya alam ataukah kondisi kehidupan manusia. Kamu akan melihat banyak hal sepanjang kamu mengikuti jurnal pendidikan ini, melingkupi berbagai macam topik. Jurnal ini akan menerjemahkan lingkungan kita, tidak hanya dunia secara alamiah, namun juga tentang bangkitnya teknologi dunia, perkotaan dan mesin-mesin, baik dari segi manusia sebagai makhluk sosial ataupun sebagai makhluk berbudaya. Keseluruhan merupakan sudut pandang yang saling terkait dari kehidupan kita yang berdampak pada apa yang kita lakukan.

Kamu akan menemukan bahwa banyak masalah akan kita diskusikan disini yang merupakan bagian dari pemberitaan terkini di televisi, koran ataupun media sosial. Menjadi masyarakat yang berpendidikan lingkungan akan memberikanmu seperangkat keahlian dan sikap yang akan membantu untuk memahami kejadian terkini dan menjadi orang yang lebih menarik. Karena jurnal pendidikan lingkungan ini berisi informasi dari begitu banyak disiplin ilmu yang berbeda, kamu akan menemukan hubungan dengan banyak golongan lainnya. Melihat material dalam konteks lingkungan dapat membantu kamu dalam menguasai materi pelajaran di banyak program, serta dalam kehidupan setelah meninggalkan sekolah.

Salah satu keterampilan yang paling berguna dan dapat kamu pelajari dalam jurnal pendidikan ini adalah berpikir kritis. Fakta sangat bergantung pada kapan dan oleh siapa yang mengumpulkan. Untuk setiap opini ada yang sependapat dan berlawanan. Bagaimana kamu dapat keluar dari seluruh perasaan hiruk-pikuk perubahan informasi yang terjadi secara konstan ? Jawabannya adalah bagaimana kamu perlu mengembangkan sebuah kapasitas untuk berpikir secara mandiri, sistematis, dan terampil untuk membentuk pendapat kamu sendiri. Kualitas dan kemampuan dapat membantu dalam banyak aspek kehidupan. Sepanjang mengikuti jurnal pendidikan ini kamu akan menemukan “Apa Yang Kamu Pikirkan?” tanda kutip tersebut akan mengajakmu untuk berlatih keterampilan berpikir kritis dan reflektif.

Ada banyak yang harus dikhawatirkan tentang kondisi lingkungan kita secara global. Bukti terus berkembang tanpa henti bahwa kita merendahkan lingkungan kita dan mengkonsumsi sumber daya alam pada tingkat yang tidak berkelanjutan. Keanekaragaman hayati menghilang dengan kecepatan yang luar biasa sejak terbentuknya Undang-Undang Penanaman Modal Asing pada tahun 1968. Lapisan humus yang berharga pada lapisan atas tanah tersingkir dari lahan-lahan pertanian , yang berikutnya mengancam pasokan pangan nasional. Hutan alami sedang tercemar oleh kebudayaan baru kehidupan manusia, sementara jutaan metrik ton asap mengaburkan langit kita. Bahkan iklim bumi kita tampaknya berubah untuk sebuah rezim baru yang bisa memiliki konsekuensi bencana alam besar-besaran.

Pada saat yang sama, kita memiliki alat dan pengetahuan yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya untuk dapat melakukan sesuatu terhadap krisis tersebut. Kerja keras masyarakat diseluruh belahan bumi dan banyaknya dukungan untuk perlindungan lingkungan sudah berlangsung dengan intensitas waktu yang sangat tinggi. Lebih 50 tahun terakhir, kecerdasan dan usaha telah membawa kita dengan kecepatan yang menakjubkan mewujudkan inovasi teknologi dan trobosan-trobosan ilmiah. Kita telah belajar untuk menghasilkan lebih banyak barang dan jasa dengan bahan seminimal mungkin. Penyebaran sistem teknologi komunikasi memungkinkan kita untuk berbagi informasi di seluruh belahan dunia hampir secara instant.

Produk domestik bruto dunia telah meningkat lebih dari sepuluh kali lipat selama lima dekade terakhir, namun kesenjangan antara kaya dan miskin juga tumbuh semakin meluas. Lebih dari satu miliar orang sekarang hidup dalam kemiskinan tanpa akses makanan yang cukup, tempat tinggal, perawatan medis, pendidikan, dan sumber daya lain yang diperlukan untuk kehidupan yang sehat dan aman. Tantangan bagi kita adalah untuk menyebarkan manfaat teknologi untuk pembangunan ekonomi menjadi lebih baik (equality & equity) dan untuk menemukan cara-cara hidup yang berkelanjutan untuk jangka waktu panjang dengan mengurangi konsumsi sumber daya alam secara berlebihan dan pemanfaatan potensi lingkungan yang dimana semua aspek kehidupan bergantung. Kita sudah mencoba untuk menyerang keseimbangan ekonomi yang sesuai pandangan global antara banyaknya bencana dan kesuraman agar dapat memberikan pandangan yang realistis tentang masalah kita, dan beberapa contoh positif cukup memberi harapan bahwa kita dapat menemukan solusi yang sebaik-baiknya.

Apa artinya menjadi masyarakat yang peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan? apa hak dan keistimewaan yang kamu nikmati sebagai anggota dari komunitas yang peduli terhadap lingkungan? Banyak artikel yang akan kami sediakan berikutkan agar dapat membantu pembaca menemukan saran praktis tentang hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk melestarikan sumber daya alam dan mengurangi dampaknya terhadap lingkungan yang merugikan. Etika ber-perspektif merupakan bagian terpenting dari hubungan kita dengan lingkungan, dengan orang lain dan dengan siapa kita berbagi. Kami berharap kamu akan berpikir tentang etika bagaimana kita memperlakukan lingkungan kita bersama.

Jelas sekali, untuk menjadi masyarakat yang bertanggung jawab dan produktif terhadap lingkungan perlu berdasarkan prinsip ilmiah, serta beberapa wawasan sistem sosial, politik, dan ekonomi yang berdampak pada lingkungan sekitar kita. Kami berharap pada jurnal pendidikan ini dan kamu dapat mengikuti pembahasan berikutnya yang akan memberikan informasi yang kamu butuhkan untuk mencapai tujuan tersebut.

CURHAT KOMIU

Komentar Anda...