Bakalan – Yayasan Kompas Peduli Hutan (KOMIU) bersama karang taruna, kelompok nelayan dan Masyarakat, melakukan aksi bersih sampah plastik dan sampah lainya di objek wisata pantai leka di Desa Bungin, Kecamatan Tinangkung, Kabupaten Banggai Kepulauan. kata Yulia Astuti. S.Si Program Manager Yayasan KOMIU kerjasama Burung Indonesia dan Critical Ecosystem Partnership Fund(12/06/22)

Kepala Desa Bungin Gunawan Gaing S.Sos mengatakan gerakan ini akan rutin kita lakukan di sepanjang pesisir Desa bungin hususnya di Objek Wisata “Leka”, karena kedepannya Leka ini akan kita kembangkan bersama Pemerintah Daerah Kabapaten Banggai Kepulaun. Kami bergarap juga kepada teman-teman dari Yayasan KOMIU bisa terus mendampingi kami dari segi konsep dan promosi objek wisata pantai leka.

Dia juga menambahkan, kesadaran dari masyarakat Desa Bungin dalam menjaga kelestarian laut dan pesisir pantai menjadi sangat krusial, ini tanggung jawab kita bersama, pengelolaan Objek Wisata Leka ini harus kita seriusi bersama, apa lagi sudah ada dukungan penuh dari Camat Tinangkung.

Sementara itu ketua karang taruna Hasim Paila menyampaikan, gerakan aksi bersih pantai dari sampah plastik dan sampah lainnya, merupakan bentuk kesadaran pemuda desa bungin dalam menjaga lingkungan khususnya kawasan ekosistem pantai, apa lagi leka ini terus di dorong oleh Pemda untuk dikembangkan objek wisatannya. Kami berfikir Yayasan KOMIU jauh-jauh datang dari palu mau merubah desa kami untuk menjadi lebih baik lagi, masa kami masyarakat hususnya pemuda bungin hanya diam saja, makanya saya dengan anggota bersepakat untuk turun melakukan aksi bersih pantai leka.

Sampah-sampah yang sudah terkumpul akan di bakar, karena desa kami belum memiliki Bank Sampah untuk mengelola sampah plastik yang berserakan di pesisir pantai leka. Ujarnya.

Salah satu anggota karang taruna, Indra, mengatakan kami akan mendukung seluruh program yang ada dan menyukseskan rencana kerja yang telah oleh kepala Desa dan Camat  Tinangkung.  tentunya hal ini akan menjadikan Desa Bungin lebih maju dan dikenal diluar sana. Ujarnya. (ahdiyat)

Konservasi

Komentar Anda...