Elang Ular Sulawesi Spilornis rufipectus  (Gould, 1858) ES, Sula

Sulawesi Serpent Eagle

Nama Lokal : Pilikangka/Lowe/Pokia ada/Kongka/Tadasingkaya.

Ciri Umum: Panjang tubuh 41-50 Cm. Jambul dibelakang kepala. Dewasa: dada kadru, pajang putih pada perut, wajah kuning. bila terbang dari bawah terlihat sebuah pita pucat lebar tunggal terlihat pada kedua sayap dan pita coklat pucat pada ekor. Remaja : Kepala pucat bergaris, tubuh atas coklat berbercak gelap, tubuh bawah putih dengan coretan gelap didada,  ketika sedang  terbang dari bawah terlihat pucat, bulu terbang dan ekor berpalang gelap. penutup sayap bawah merah karat bertotol putih.

Penyebaran lokal: Tersebar luas di TN Lore Lindu

Daerah Sebaran : ENDEMIK di Subkawasan Sulawsi dan Kep. Dua anak Jenis: 1. rufipectus : Siau, Sulawesi, Talise, Lembeh, Kep. Togian, Salayar, Muna, Butung. 2. Sulaensis : Kep. Banggai (Peleng, Banggai, Lalobo)Kep, Sula (Taliabu Mangole, Sanana)

Status dan Habitat: Dilindungi,  Sangat umum ditemukan terutama di tepi hutan , daerah perladangan dan dekat pemukiman. menghuni hutan pamah, hutan perbukitan, dan pegunungan, hutan yang ditumbuhi semak dan lahan budidaya yang pohonnya jarang dan padang rumput terbuka, biasanya memangsa ayam kampung didaerah perkebunan. tercatat dari dataran rendah sampai ketinggian 2200 m.

Lokasi Foto : Uve Vuntu Kelurahan Kayumalue Ngapa Kota Palu.

BurungPengamatan Burung

Komentar Anda...