Bentet kelabu (bahasa LatinLanius schach) adalah spesies burung dari keluarga Laniidae , dari genus lanius.. Burung ini merupakan jenis burung pemakan belalang, kumbang, tonggeret, serangga besa dan memiliki habitat di daerah terbuka, padang rumput, perkebunan, tegalan. tersebar sampai ketinggian 1.600 m dpl.

Bentet kelabu memiliki tubuh berukuran agak besar (25 cm). Warna hitam, coklat, putih. Ekor panjang. Dewasa: Dahi, topeng, ekor hitam. Sayap hitam berbintik putih. Mahkota dan tengkuk abu-abu. Punggung, tunggir, sisi tubuh coklat kemerahan. Dagu, tenggorokan, dada, perut tengah putih.

Remaja: Warna lebih suram. Garis di sisi tubuh dan punggung. Kepala dan tengkuk lebih abu-abu. Iris coklat, paruh dan kaki hitam. Duduk pada tenggeran, mendadak menyambar serangga terbang atau di atas tanah. Sarang berbentuk cawan kuat, agak tidak rapih, dari batang rumput, serat dan akar halus. Telur berwarna putih, berbercak abu-abu dan coklat, jumlah 2-3 butir. Berbiak bulan Mei-Agustus, Mei-Juli.

Penyebaran :

  • Iran, Cina, India, Asia tenggara, Malaysia, Filipina, Sunda Besar.
  • Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Papua.

Sebelumnya tidak ditemukan di Sulawesi namun setelah gempa dan Likuifaksi pada Kelurahan Petobo, kemungkinan besar burung tersebut adalah burung peliharaan.

Lokasi Foto : Petobo

BurungPengamatan Burung

Komentar Anda...